Narasita.com- PALU- 138 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu 2024 Resmi dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu, Minggu(25/5/2024), disalah satu hotel Di Palu

Acara pelantikan ini tidak hanya menandai pengambilan sumpah bagi 138 PPS, tetapi juga mencakup penandatanganan pakta integritas dan bimbingan teknis (bimtek) untuk para PPS yang baru dilantik.

Dalam sambutannya, Idrus menjelaskan bahwa bimtek memiliki tiga tujuan utama, yaitu menyegarkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan para PPS.

“Dari PPS yang dilantik, sebanyak 51 persen merupakan perempuan,Ini mencerminkan partisipasi yang signifikan dari pemilih perempuan dalam Pemilu 2024. Ini menunjukkan kesiapan masyarakat untuk terlibat aktif dalam setiap tahap pemilihan,” ujar Idrus.

Dikatakan bahwa tugas PPS tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi juga memiliki peran manajerial dalam bekerja sama.

“Tugas PPS bukan seperti jam kantor biasa. Kerjasama bisa berlangsung hingga malam bahkan dini hari. Pekerjaan akan bertambah dan berlipat ganda, oleh karena itu PPS harus berbagi tugas dan memilih ketua yang paling siap waktu.”

Idrus menekankan pentingnya koordinasi segera setelah bimtek.Selain itu, para PPS diimbau untuk selalu melakukan konsultasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam melaksanakan tugas mereka.

Dengan pelantikan ini, KPU Kota Palu berharap para PPS dapat menjalankan tugas mereka dengan baik dan profesional demi kesuksesan Pemilu 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah 138 PPS se-Kota Palu ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Irmayanti Petalolo, camat se-Kota Palu serta unsur Forkompinda Kota Palu lainnya