narasita.com PALU- Harga cabai di pasar tradisional Masomba Palu melonjak naik sampai seratus lima puluh ribu perkilogram.

Marwatia, pedagang di Pasar Masomba mengatakan, kenaikan harga sudah terjadi selama satu minggu terakhir. Di katakan di pasar harganya kini rata-rata seratus lima puluh ribu rupiah per kilogramnya untuk cabai tanpa tangkai.

Sementara yang masih bertangkai di jual seharga seratus dua puluh sampai seratus dua puluh lima ribu per kilogramnya. Di mana sebelumnya perkilo di jual antara 70 sampai 90 ribu rupiah.

Ia mengatakan di perkirakan harganya bakal naik ketika hari natal dan tahun baru karena permintaan banyak sementara pasokan persediaan kurang.

 “Sudah seminggu ini naik,yah pengaruh pasokan kurang, apalagi mau Natal tahun baru mungkin bisa naik lagi, “Ujarnya.

Sementara pembeli,Siti mengaku kenaikan beberapa bahan rempah termasuk cabai membuatnya harus berhemat dalam membeli kebutuhankebutuhan. Ia juga berharap harga cabai dan rempah lainnya bisa kembali stabil
 
” Kita berharap harga stabil lagi,dengan melonjaknya harga rempah ini, kita ibu rumah tangga pun berupaya menghemat, karena barasa sekalikan. Apalagi pedagang makanan, pasti banyak yang mengeluh dengan harga ini, “Katanya.

Selain cabai,tomat juga mengalami kenaikan dari 8 ribu menjadi Rp 15 ribu perkilogram. (fdl)