Narasita.com-Palu- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan rapat evaluasi pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting di Kota Palu pada Rabu (11/09/2024), bertempat di Hotel Helsinski Palu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memonitor pelaksanaan pemantauan di pasar-pasar pantauan serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi, guna mengantisipasi potensi kelangkaan barang dan menjaga stabilitas harga.

Acara ini dihadiri oleh narasumber dari Direktorat Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI, Pusat Data dan Sistem Informasi Kemendag RI, serta perwakilan dari Disperindag Sulteng, dinas perdagangan kabupaten/kota, BUMN, distributor, toko ritel modern, dan pedagang komoditi.

Plh. Kepala Disperindag Sulteng, Mira Yuliastuti, Dalam sambutannya, Mira menegaskan pentingnya pemantauan harga dan ketersediaan barang sebagai langkah antisipatif untuk menghindari kelangkaan kebutuhan pokok dan memastikan pasokan tetap tersedia.

“Dukungan dari pelaku usaha, distributor, dan pedagang sangat diperlukan untuk memberikan informasi terkait stok barang secara rutin, agar pemerintah dapat menjaga stabilitas pasokan dan harga di pasar,” ujar Mira.

Rapat ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara pemerintah, distributor, serta pelaku usaha dalam menjaga kelancaran pasokan dan harga kebutuhan pokok di Sulawesi Tengah.