narasita.com – PALU – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. I Nyoman Sriadijaya memberi apresiasi kepada para pemenang Lomba Bertutur yang diselenggarakan Dispusaka Sulteng, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Sabtu (29/6/24).

Lomba Bertutur bagi Siswa/Siswi SD/MI Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024 tersebut diikuti sebanyak 12 peserta sebagai perwakilan yang merupakan pemenang dari masing-masing kabupaten dan kota di Sulteng. Sementara satu kabupaten tidak mengikutsertakan peserta, yakni Kabupaten Banggai Kepulauan.

Berdasarkan penilaian Dewan Juri yang diketuai DR H Gazali, bersama timnya Jamrin Abu Bakar, dan Sofianti Bantara, memutuskan Rifka Naomi peserta asal Kabupaten Buol sebagai juara satu dalam lomba tersebut.

Sementara juara dua diraih Tzakip Alterzarey dari Kota Palu. Sedangkan juara ketiga diperoleh Neylsa Pricilia Abby, peserta dari Kabupaten Banggai. Untuk peringkat keempat, lima dan enam, berturut-turut Pelangi Ayudia Kinara dari Kabupaten Donggala, Inayah Adzkia Atifa dari Kabupaten Sigi, dan Nasyatul Dian Mahri dari Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Sriadijaya, membuka lomba tersebut. Ia berharap pada pelaksanaan lomba yang sama pada tahun depan, semua kabupaten dan kota dapat berpartisipasi sebagai peserta Lomba Bertutur yang merupakan program nasional.

“Sekali lagi atas nama dinas saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasinya mengikuti kegiatan ini,” ujar Nyoman Sriadijaya dalam sambutannya.

Pelaksanaan Lomba Bertutur tersebut diintegrasikan sebagai bagian dari proses belajar siswa-siswi, dengan tujuan meningkatkan budaya baca literasi sejak dini.

Lomba Bertutur tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga sebagai bentuk apresiasi dan motivasi di tingkat nasional melalui jalur sekolah tingkat dasar. Pola apreasiasi yang dimaksud diarahkan untuk terus dikembangkan dan dingkatkan oleh Perpustakaan Nasional, dengan melibatkan berbagai pihak seperti sekolah, masyarakat, lembaga pemerintah, serta jalur lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang P3KM Dispusaka Sulteng, Kepala Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah, para Ketua POKJA Lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, pendamping dari masing-masing peserta lomba. (non)