Narasita.com- Sigi- Prosesi upacara adat menjadi pembuka rangkaian kegiatan Festival Danau Lindu 2024 yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi bersama Pemerintah Kecamatan Lindu di Desa Tomado, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 5 hingga 7 September 2024.

Tepat pukul 09.50 WITA, Direktorat Even Kementerian Pariwisata, R Edy Surtono, mewakili Menteri Pariwisata, bersama Kepala Dinas Pariwisata Sigi Heru Murtanto, Dandim 1306/Kota Palu, Kajari Sigi, serta beberapa pejabat dan pimpinan SKPD Sigi lainnya menjadi tamu kehormatan.

Mereka diterima dengan penyambutan adat berupa tarian atau To Pe aju dari perwakilan masyarakat adat yang disusul dengan pemasangan atribut kehormatan adat berupa Siga atau ikat kepala kepada pejabat laki-laki dan Tali Dangka untuk pejabat perempuan.

“Kepada bapak-ibu sekalian yang telah datang dan hadir untuk mengikuti acara kegiatan Festival Danau Lindu, kiranya kehadiran bapak-ibu sekalian dalam pelaksanaan Festival Danau Lindu ini membawa perubahan dan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sigi, dan terlebih khusus kepada masyarakat Kecamatan Lindu,” ujar pemandu acara.

Setelah Majelis Adat Kecamatan Lindu usia memberikan sambutan dalam proses adat tersebut, tamu diarahkan menuju panggung utama untuk acara Popamtodui, dan kemudian mengikuti ritual adat Metimbe berupa penyembelihan kepala kerbau yang menandakan even bisa dilaksanakan yang mengandung maksa keselamatan sebuah tempat.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Tur Jelajah Danau Lindu bagi tamu dan undangan untuk mengunjungi Situs makam Maradindo di Pulau Bola dengan menyebarangi Danau Lindu menggunakan kapal kayu.

Tamu dan peserta adat kemudian mengikuti ritual Makan Adat, Eksebisi Junggle Trail Run, Track Hutan Konservasi TNLL, Dawai Suara dan diakhiri dengan Panggung Seni Pertunjukan dan Opening Ceremony sebagai penutup rangkaian Festival Danau Lindu 2024 dihari pertama. (Rls-FDL 2024)