Narasita.com-Palu-Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Donggala, menggelar workshop Tematik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), bertempat di salah satu hotel di Palu, Kamis(12/9/2024).

Ketua tim pencegahan BNNK Donggala, Markus menyatakan, tujuan workshop ini untuk mempertimbangkan hasil indeks kota tanggap ancaman narkoba di Donggala.

Dalam kegiatan tersebut, melibatkan berbagai stakeholder baik pemerintah, dinas pendidikan, Perusahaan Swasta dan Masyarakat.

Berdasarkan kewenangan yang ada para pemangku kepentingan dapat membuat kebijakan dalam mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba.

“Misalnya di Perusahaan, mereka dapat rutin melakukan pemeriksaan tes urine dan sosialisasi di lingkungan kerja kepada karyawannya,Baik dalam bentuk stiker ” Ujarnya.

Sementara di lingkungan pendidikan, para tenaga pendidik dan Kepala sekolah memberikan edukasi terkait bahaya Narkoba sebelum melakukan pembelajaran.

Selain itu mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi P4GN, Perda ini diharapkan menjadi landasan kuat bagi berbagai pihak di Kabupaten Donggala untuk mewujudkan wilayah yang tanggap terhadap ancaman narkoba.

“Diharapkan para Pemangku Kepentingan yang mengikuti kegiatan dapat berperan Aktif dalam mendukung program tanggap ancaman Narkoba,” Harapnya.