Narasita. Com-Parigi- – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dapil Parigi Moutong diantaranya Dr. I Nyoman Slamet menyatakan bahwa pertanian organik dapat menjadi solusi bagi masalah kelangkaan pupuk yang selama ini menjadi kendala utama bagi petani.

Pernyataan ini disampaikan sebagai tanggapan atas harapan masyarakat agar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait pertanian organik dapat menjadi solusi konkret untuk mengatasi persoalan harga pupuk yang melambung di pasaran.

“Dengan sistem organik, petani tidak perlu lagi bergantung pada pupuk kimia. Kami berharap, Perda ini menjadi angin segar bagi masyarakat dalam menyelesaikan masalah pertanian,” ujar Nyoman pada sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif DPRD Sulteng Tentang Sistem Pertanian Organik, Selasa (22/10/2024)

Nyoman juga menekankan pentingnya program-program pemerintah yang mendukung implementasi pertanian organik, seperti penyediaan pasar khusus untuk memasarkan produk organik, termasuk pupuk alami.

“Tentunya, sebelum Perda ini diresmikan, kami akan melakukan konsultasi dan penyempurnaan agar regulasi ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan produksi pertanian,” tutupnya