narasita.com-PALU-Soliditas dan sinergitas demi suksesnya Pemilu 2024 diwujudkan dengan Apel Siaga dalam rangka persiapan pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilu tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Makorem 132/Tadulako, pada Senin, (12/02/24).

Dalam kesempatan itu, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Dody Triwinarto, memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

“Kami atas nama TNI, dan POLRI sangat mengapresiasi dan salut kepada rekan-rekan semua. Kawan-kawanlah sebagai pahlawan terdepan dalam pelaksanaan Demokrasi ini,” ujar Dody Triwinarto.

Menurutnya, pemilu tidak akan berjalan lancar tanpa ada semua pihak yang hadir dalam pelaksanaan apel siaga tersebut. Dody Triwinarto meyakini seluruh hadirin sebagai perangkat yang sangat menentukan di lapangan, dalam membawa baik atau tidaknya perjalanan proses pesta demokrasi.

Pada kesempatan itu juga, Danrem 132/Tdl meminta seluruh peserta apel untuk melaksanakan tugas sebagai amanah dari Tuhan yang maha kuasa. Hal itu tentunya menjadi suatu kehormatan sebagai warna negara dan anak cucu nantinya, sehingga tetap netral, bersifat adil jujur dan semuanya saling melengkapi apabila ada kekurangan.

“Itu saja harapan kami. Kami percaya Insya Allah tugas kita nanti ke depan berjalan dengan baik dan aman. Jaga kesehatan dan kondisi fisik sehingga kita tetap bisa betul-betul dalam bertugas,” pesan Dody Triwinarto.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Provini Sulawesi Tengha, Risvirenol, bersyukur dengan terlaksananya kegiatan tersebut. Ia berharap dari kegiatan tersebut menjadi dasar untuk menyukseskan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah koordinasi dan kerjasama KPU Sulteng dengan semua pihak dapat melaksanakan apel kesiapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024. Demikian juga petugas KPPS dan PTPS serta TNI, POLRI yang senantiasa bersinergi dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024,” tandas Risvirenol.

Ketua Bawaslu Sulteng yang diwakili Kordiv. Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Fadlan, turut mengajak semua hadirin untuk mensukseskan apel siaga tersebut sebagai upaya mensukseskan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, mari kita sukseskan pelaksanaan apel siaga yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Fardlan.

Selain itu, Gubernur Sulteng yang diwakili Sekdaprov Sulteng, Hj Novalina berucap, “saya atas nama pemerintah provinsi mewakili Bapak Gubernur, pertama menyampaikan terima kasih atas dedikasi kawan-kawan semuanya yang dengan komitmen tinggi berkomitmen mengawal Pemilu. Mari kita sukseskan Pemilu 2024 ini agar bisa berjalan dengan lancar tertib dan aman dan berintegritas. Mudah-mudahan di pemilu 2024 ini kita semua bisa membawa bangsa kita menjadi negara yang makin demokratis,” harap Novalina.

Sementara Forkopimda lainnya hadir adalah
Kajati Sulteng yang diwakili Asisten Tindak Pidana Umum, Fithrah. Pada kesempatan itu ia bertutur, “kami mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri serta pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan ketua KPU beserta jajaran, Bawaslu beserta jajaran atas dedikasi dan kerjanya samanya sampai saat ini hingga kegiatan untuk persiapan Pemilu berlangsung dengan baik.”

Sedangkan Kapolda Sulteng yang diwakili Karo Ops Polda Sulteng, Kombes Pol. Ferdinand Maksi Pasule, menitipkan pesan Kapolda Sulteng. “Jaga diri jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan tugas. Jaga marwah yang sudah diberikan oleh masyarakat bangsa dan negara, laksanakan tugas dengan baik dan rasa tanggung jawab,” tuturnya.

Pada kesempatan terakhir, Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng, Hj Nirwana turut memberi pesan sederhana namun bermakna. “Mari bersama agar pemilu bisa berjalan damai, bisa berjalan tertib dan lancar terutama dalam situasi pesta demokrasi seperti ini, mari jaga kondisi kesehatan, mari jaga kekompakan dan Integritas senantiasa diutamakan. Ini yang sangat kita harapkan,” tandasnya. (non)