Narasita.com- PALU,— Dalam upaya mengoptimalkan partisipasi masyarakat serta memastikan kelancaran dan kedamaian Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi.Bertempat Sriti Convention Hall kecamatan Palu Barat pada Kamis (08/02/24).
Kegiatan mengangkat tema Peningkatan Partisipasi Pemilih untuk Mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang aman dan damai.
Rapat tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan dihadiri oleh Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), termasuk para camat, kepala desa, dan lurah se-Kabupaten Donggala.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Donggala, Moh Rifani, menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu sebagai salah satu pilar utama demokrasi.

Ia juga memperhatikan potensi kerawanan Pemilu, seperti penyebaran kabar bohong (hoax) dan kampanye hitam, yang dapat mengganggu stabilitas dan kedamaian masyarakat.
“Turut menjadi fokus pembahasan adalah peran Pemerintah Daerah dalam menyediakan pendidikan politik bagi pemilih guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu,” ucapnya.
“Ide ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mengharuskan pemerintah daerah untuk melaksanakan langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” tambahnya.
Pj Rifani berharap, melalui kerja sama antara berbagai pihak dan kesadaran masyarakat, Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan berintegritas, serta menjadi momentum penting dalam pendewasaan demokrasi bangsa Indonesia. Demikian disampaikan Pj Bupati Donggala. (Ntz)