Narasita.com-Palu – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Palu yang meninjau progres pekerjaan pembangunan rehabilitasi lapangan vatulemo, Rabu 17 April 2024.

Untuk diketahui rehabilitasi lapangan Vatulemo Palu dikerjakan dalam dua tahap dan dua tahun anggaran yakni 2023-2024. Tahap pertama dianggarkan Rp9 miliar dan tahap kedua Rp16 miliar dengan total anggaran Rp25 miliar.

Anggaran yang besar itulah yang melandasi Pansus LKPj meninjau pekerjaan lapangan tersebut.

Mutmainah Korona menyatakan, pihaknya ingin mengetahui secara terperinci progres pembangunan dan ingin memastikan apakah taman itu nantinya akan tetap difungsikan salahsatunya untuk mengakomodir pelaku UMKM. Termasuk fasilitas di dalamnya apakah memiliki sarana yang ramah untuk penyandang disabilitas.

Sementara anggota DPRD Kota Palu Marcellius menyebutkan bahwa anggaran yang digelontorkan senilai 25 miliar untuk pembangunan rehabilitasi lapangan vatulemo dinilai sia-sia dan mubasir.

“Bagi saya itu mubasir, kehidupan masyarakat kota palu pasca bencana masih banyak yang tinggal di huntara” kata marcelius.

Marcel juga menilai bahwa konsep pembangunan rehabilitasi lapangan vatulemo tak jauh berbeda dan tidak banyak yang beribah dari sebelumnya

Selain Mutmainah Korona, anggota Pansus yang ikut dalam peninjauan itu adalah Ishak Cae, Marcelinus, Farden Saino, Rusman Ramli dan Diah Tripurwantini.

Pansus diterima langsung Kepala Dinas PU Palu, Singgih B Prasetyo dan Sekretaris Ismayadi Parigade bersama Kabid Bina Kontruksi, Yus Darmin.

Kepala Dinas PU Palu Singgih B Prasetyo menjelaskan, bahwa anggaran total untuk rehabilitasi Lapangan Vatulemo adalah 25 miliar.

Tahap pertama, untuk pengerjaan taman, sudah selesai dengan anggaran 9 miliar. Tahap kedua, senilai 16 miliar, sudah selesai sekitar 15%, dengan target penyelesaian di bulan Juli 2024.

“Konsep perencanaannya adalah membuka ruang sebanyak mungkin untuk kegiatan olahraga.”ucapnya.