Narasita. Com- DONGGALA, – Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, melalui Dinas Ketahanan Pangan, akan mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di eks kantor Bupati Donggala, yang terletak di Jalan Pettalolo, Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa. Acara ini dijadwalkan akan dimulai besok, Rabu (08/05/24) pada pukul 09.00 WITA hingga selesai.
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Donggala, Muhammad Fahri, saat dikonfirmasi media ini pada Selasa (07/05/24). Ia mengatakan bahwa gerakan ini menjadi langkah nyata pemerintah daerah dalam menjawab tantangan ketersediaan pangan yang terjangkau bagi masyarakat, terutama di masa sulit seperti saat ini, di mana harga pangan di pasaran sangat melonjak naik.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat, seperti pangan, tetap terpenuhi meskipun dalam situasi ekonomi yang sulit. Dengan menyelenggarakan GPM,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Fahri, GPM ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi beban ekonomi keluarga dengan menyediakan akses terhadap pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau. “Adapun produk-produk yang akan ditawarkan dalam gerakan ini diharapkan bisa mencakup berbagai kebutuhan pangan sehari-hari, seperti beras premium, beras SPHP, minyak kelapa, buah-buahan, dan bahan makanan pokok lainnya,” ucapnya.
Kehadiran Gerakan Pangan Murah ini tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi langsung bagi masyarakat, tetapi juga menjadi momentum untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Donggala. “Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya sekadar memberikan bantuan jangka pendek, tetapi juga menjadi landasan untuk pembangunan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan inklusif di masa depan,” katanya.
Melalui Gerakan Pangan Murah ini, diharapkan dapat tercipta dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan. Demikian disampaikan oleh Mantan Kepala Badan Pendapatan Donggala. (KB)
Adapun Komoditi Pangan yang akan dijual pada GPM antara lain:
Minyak goreng kemasan 2L = 300 pcs dengan harga Rp. 33.000/2L
Minyak kemasan tropical 2L = 300 pcs dengan harga Rp. 35.000/2L
Telur ayam = 500 rak dengan harga Rp. 60.000/Rak
Bawang merah 50kg dengan harga Rp. 40.000/Kg
Bawang putih 50kg dengan harga Rp. 40.000/Kg
Cabe merah 50 Kg dengan harga Rp. 40.000/Kg
Gula pasir 500 Kg dengan harga Rp. 16.000/Kg
Beras SPHP 2 ton dengan harga Rp. 54.500/5Kg
Beras premium 3 ton dengan harga Rp. 125.000/10Kg
Tepung terigu Mila 500 kg dengan harga Rp. 8.000/Kg