Narasita.com- DONGGALA, – Penjabat (Pj) Bupati Donggala, Moh Rifani, mengapresiasi Kementerian ATR/BPN, khususnya ATR/BPN Kabupaten Donggala,menunjukkan pengakuan atas upaya mereka dalam memberikan sertifikat gratis kepada masyarakat Donggala melalui program Reforma Agraria.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pj Bupati Moh Rifani saat menghadiri kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional yang diselenggarakan di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala pada Senin (22/04/24). Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Rustam Efendi dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pj Bupati Moh Rifani menyampaikan harapannya agar program ini dapat terus dilaksanakan karena dinilai sangat membantu masyarakat dalam memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan mereka di wilayah Kabupaten Donggala. Ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya penguatan hak kepemilikan tanah dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat

Pj Bupati Moh Rifani berharap agar Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA) baik di pusat maupun di daerah dapat membangun sinergi dengan seluruh pihak atau unsur terkait dalam melakukan penataan dan pemanfaatan aset, serta meningkatkan akses untuk kemakmuran masyarakat serta menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang agraria.

Sementara itu, Kepala Kementerian ATR/BPN Kabupaten Donggala, Rusli, menyampaikan bahwa program ini tidak hanya sekadar memberikan dokumen, tetapi juga memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten Donggala.

Dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas program ini, diharapkan Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA) baik di tingkat pusat maupun daerah dapat bekerja sama secara sinergis dengan berbagai pihak terkait. Hal ini dianggap penting dalam menjalankan penataan dan pemanfaatan aset, termasuk penyediaan akses yang lebih baik untuk kemakmuran masyarakat serta menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang agraria. Demikian disampaikan oleh Kepala Kementerian ATR/BPN Kabupaten Donggala.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan simbolis Sertifikat PTSL tahun 2024, Sertifikat Hunian Tetap (Huntap) Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa, dan Penyerahan Sertifikat Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala