Narasita. Com- PALU, – Keluarga Besar Tome Manang-Daeng Sandjoru berkumpul mengadakan halal bihalal di Eks Gedung Ampera Biromaru, pada Rabu (1/5/2024). Halal bihalal ini dihadiri ratusan Keluarga Besar Tome Manang-Daeng Sandjoru.

Tiga rumpun keluarga besar ini hadir untuk menyatukan tali silaturahmi antar keluarga. Beberapa generasi dari Keluarga Besar Tome Manang-Daeng Sandjoru terlihat hadir dan memanfaatkan moment halal bihalal ini untuk bersilaturahmi.

Ketua Panitia, Akib, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi yang diinisiasi oleh cucu dan cicit keturunan Tome Manang-Daeng Sandjoru untuk bersama-sama menjalin silaturahmi setelah menjalankan ibadah ramadan dengan mengelar halal bihalal.

“Tidak hanya bermaaf-maafan, tapi halal bihalal ini juga jadi ajang silaturahmi kita keluarga besar dari Tome Manang-Daeng Sandjoru,” jelasnya.

Perwakilan Keluarga Besar Tome Manang-Daeng Sandjoru, Dr. Dewi Cahyawati Abdullah, juga mengatakan, berbagai silsilah Manang-Daeng Sandjoru berkumpul dan bersatu dalam kegiatan halal bihalal tersebut. Walaupun tidak semua bisa hadir, karena keturunan Tome Manang-Daeng Sandjoru yang telah berada do bwrbagai daerah bahkan ke negeri jiran.

“Keluarga besar Tome Manang-Daeng Sandjoru ini sudah mencapai ribuan tersebar dimana-mana bahkan ke negeri jiran, sudah banyak juga menempati jabatan strategis di Sulawesi Tengah (Sulteng),” jelasnya.

Beberapa tokoh terkenal di Sulteng juga merupakan garis keturunan dari Tome Manang-Daeng Sandjoru, salah satunya Hidayat Lamakarate, Anca Lamakarate hingga beberapa pejabat di lingkup Pemprov Sulteng dan Kabupaten/Kota baik eksekutif maupun legislatif.

Sebagai orang dituakan dalam keluarga besar Tome Manang-Daeng Sandjoru, Dr. Dewi Cahyawati Abdullah ini berharap, pertemuan halal bihalal tersebut tidak berhenti sampai disitu, dirinya mendorong agar terbentuknya organisasi kerukunan keluarga besar Tome Manang-Daeng Sandjoru yang merupakan garis keturunan Mandar dan Kaili tersebut untuk memperkuat tali persaudaraan antara mereka.

“Pastinya kita dorong untuk terbentuknya oraganisasi kerunan keluarga besar, agar kedepannya tali silaturahmi antar keturunan Tome Manang-Daeng Sandjoru ini terus terjaga,” jelasnya.