Narasita.com- PALU, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palu resmi melantik dan mengambil sumpah 24 Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada Jumat, 24 Mei 2024.

Upacara pelantikan ini berlangsung di Hotel Santika Palu dan ditujukan untuk mengisi posisi Panwascam yang akan bertugas di delapan kecamatan di Kota Palu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah 24 Panwascam ini dilakukan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Agussalim Wahid, dan ditandai dengan penandatanganan fakta integritas yang disaksikan oleh Ketua Bawaslu Sulteng, Nasrun, Sekretaris dan Komisioner Bawaslu Kota Palu serta Forkompinda Kota Palu yang sempat hadir.

Ketua Bawaslu Kota Palu, Agussalim, menjelaskan bahwa para Panwascam yang dilantik merupakan putra-putri terbaik yang telah melalui proses seleksi ketat.

“Ini adalah tahapan yang sangat menegangkan karena kami harus memilih yang terbaik dari yang terbaik, sehingga terpilihlah masing-masing tiga orang di setiap kecamatan,” ujarnya.

Agussalim menekankan pentingnya menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan amanat yang telah diberikan. Setelah pelantikan ini, dalam beberapa hari ke depan, Bawaslu akan melantik Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). “Bawaslu bertugas untuk mengawasi dan memastikan tahapan Pilkada berjalan dengan baik sesuai kewenangannya di tingkat kecamatan,” tambahnya.

Ia menekankan untuk terus meningkatkan integritas dan independen dalam melakukan kerja-kerja pengawasan. Oleh karena itu, Bawaslu akan terus meningkatkan kesiapan para Panwascam untuk mengantisipasi segala bentuk dugaan pelanggaran.

Setelah kegiatan ini, setiap Panwascam di kecamatan masing-masing akan memilih ketua mereka sendiri. Agussalim menekankan bahwa pelaksanaan pemilihan ini bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, tetapi tanggung jawab semua pihak.

Agussalim juga menyoroti pentingnya kehadiran media dalam menyampaikan perkembangan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Palu kepada masyarakat. “Bangun komunikasi yang baik antar Panwascam agar kerja pengawasan di tingkat kecamatan dapat berjalan lancar,” tutupnya.