Narasita.com- Palu,  – Bakal calon Wali Kota Palu periode 2024-2029, Hidayat, menggagas visi ambisius yang berpotensi mengubah wajah pendidikan di kota ini secara drastis. Bersama calon wakilnya, Andi Nur B Lamakarate, Hidayat berjanji akan menggratiskan seluruh biaya pendidikan dari jenjang PAUD hingga SMP jika mereka terpilih dalam Pilkada mendatang.

Hidayat, yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Palu periode 2015-2020, menyatakan bahwa kebijakan ini didorong oleh keprihatinannya terhadap tingginya angka putus sekolah di Palu. Dalam sebuah pertemuan di Palu, Minggu (25/8), ia mengungkapkan, “Banyak anak-anak terpaksa harus putus sekolah karena tidak mampu membayar biaya pendidikan yang mahal.”

Menurut data Dinas Pendidikan Palu tahun 2023, angka putus sekolah di kota ini mencapai 15% dari total populasi usia sekolah, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 7%. Hal ini menjadi salah satu tantangan besar dalam pembangunan sumber daya manusia di Palu.

Program pendidikan gratis ini rencananya akan mencakup semua jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Kota Palu.

“Sekolah saat ini memberatkan warga dengan pelbagai pungutan seperti uang bangku, uang pembangunan, dan biaya bulanan. Semua itu akan kami hapuskan,” tegas Hidayat.

Dengan tagline “HANDAL”, pasangan ini optimis menghadapi Pilkada Palu 2024 dengan dukungan kuat dari partai-partai besar seperti Gerindra, PDIP, Demokrat, PAN, dan sejumlah partai lainnya. Mereka siap mendaftarkan diri di KPUD pada 27 Agustus mendatang.(rlis)