narasita.com-PALU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu,menggelar simulasi pemungutan Dan Perhitungan Suara,bertempat di TPS 5 Kelurahan Kayumalue Ngapa, Kecamatan Palu utara.(10/2/2024).

Ketua KPU Kota Palu, Idrus mengatakan Simulasi total yang dilakukan bertujuan untuk mematangkan persiapan dalam pelaksanaan pemilihan umum. Pelaksanaan tersebut melibatkan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara), dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

Selain itu, melibatkan pemilih yang sesungguhnya di lapangan pada tanggal 14 Februari mendatang akan membantu mengevaluasi dan memperbaiki proses yang diperlukan untuk pelaksanaan pemilu yang sebenarnya.

“Ini bagian rangkaian dari persiapan KPU Terhadap pelaksanaan Pemilu,Jadi kami melibatkan DPT yang real Memilih di TPS ini pada 14 februari nanti ada total 222 pemilih, ” Ucapnya.

Idrus menambahkan kesiapan lainnya dari Sisi Hak Pemilih yaitu C-pemberitahuan menurutnya  telah di lakukan sejak dua hari yang lalu. Selain itu kesiapan lain yang dilakukan adalah alat bantu  KPPS dan coaching berjenjang tata cara pemilihan dan penggunaan hasil rekap.

Terkait surat suara yang dilakukan simulasi menurut Idrus  surat  suara tersebut bukan contoh suara yang sesuai dengan aslinya. Angka peserta pemilu dan nomor urut pasangan calon yang digunakan bukanlah angka sebenarnya.

“Nantinya kita akan kembali evaluasi Terkait pemahaman surat suara yang sah dan tidak sah selain itu semua hang terjadi hari ini baik perhitungan, penggunaan Plano dan rekapitulasi akan kami evaluasi,” Jelasnya.

Sementara salah satu pemilih pemula yang ditemui Nazwa mengaku masih terkendala  untuk melakukan pelipatan,dirinya masih perlu pendampingan dalam Melakukan hal pilihnya.

“Masih bingung tadi pas melipat surat suara, kalau tentang siapa Yang dipilih Itu sudah di didiskusikan  sama orang tua di rumah, ” Ucapnya.(fdl)