Narasita.com- DONGGALA – Dinas Kesehatan Kabupaten DONGGALA mengakui masih terdapat kendala dalam memerangi TB di Donggala.

“Salah satunya adalah kekurangan alat pemeriksaan TB. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis dan pengobatan TB, yang dapat memperburuk penyebaran penyakit.” Ujar Kadis Kesehatan Donggala, dr Syahriar,Saat dikonfirmasi media, Sabtu(9/3/2024).

Menurutnya Tuberkulosis (TB) masih menjadi salah satu penyakit menular yang perlu di waspadai di Kabupaten Donggala. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dan jika tidak di obati dengan tepat dapat berakibat fatal.

Untuk Dinas Kesehatan Donggala telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kekurangan alat pemeriksaan TB.

Salah satunya adalah dengan mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat dan organisasi internasional.

Kepala Dinas Kesehatan Donggala dr. Syahriar mengharapkan agar bisa menerapkan tips dengan baik. agar terhindar dari penyakit TB.

“Mari kita bersama-sama memerangi TB dengan menerapkan tips pencegahan dan mendukung upaya Dinas Kesehatan Donggala dalam mengatasi kekurangan alat pemeriksaan TB. Dengan kerjasama dan komitmen yang kuat, kita dapat mengendalikan TB dan mewujudkan Donggala yang bebas TB,” ungkapnya belum lama ini.

Berikut Pencegahan TB:
Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin: Gunakan tisu atau siku bagian dalam untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Buang tisu bekas ke tempat sampah tertutup.
Menjaga ventilasi ruangan: Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara segar.
Memperkuat daya tahan tubuh: Konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Melakukan tes TB: Jika Anda memiliki gejala TB, seperti batuk berdahak selama 2 minggu atau lebih, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan tes TB.
Minum obat TB sesuai anjuran: Jika Anda didiagnosis dengan TB, minumlah obat TB sesuai anjuran dokter. Jangan menghentikan pengobatan meskipun Anda sudah merasa lebih baik.