Narasita.com-Palu- Ketua Badan Pengawas Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Nasrun menekankan pentingnya peran media dalam menjaga proses demokrasi yang transparan dan adil.

“Media memiliki fungsi yang sangat strategis dalam menginformasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengawasan partisipatif. Dengan keterlibatan media, diharapkan pelanggaran-pelanggaran dalam pemilihan umum dapat diminimalisir,” ujar Nasrun.saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertajuk “Peran Media dalam Pengawasan Partisipatif”, Bertempat di Swiss-belhotel, Jumat, (18/7/2024).

Dikatakan ada beberapa poin penting dalam partisipasi pengawasan pemilu yang akan ditekankan dalam kegiatan ini seperti Mengajak masyarakat untuk memilih,Partisipasi non-Polri/TNI untuk memilih dan Partisipasi masyarakat menjadi pengawas pemilu.

Nasrun menambahkan sosialisasi ini juga digelar karena proses tahapan Pemilu sedang berjalan dan baru akan berakhir 20 Oktober 2024. Setelah itu tahapan pencalonan dan pemutakhiran data untuk Pemilu kepala daerah.

Pada pemilihan serentak kepala daerah nantinya di 37 provinsi, tentunya memiliki kerawanan tersendiri di bandingkan pileg dan tentunya memberikan tekanan kepada penyelenggara.

Oleh karena itu, pihaknya berharap bantuan media dan akademisi dalam pengawasan partisipatif ini.

“Kami memilih media dan akademisi karena penting untuk disampaikan kepada masyarakat agar partisipasi bisa meningkat dari Pemilu sebelumnya,” Tutup Nasrun.